GAMBAR EXEL
NO |
NAMA |
KETERANGAN |
1 |
Quick Access Toolbar
|
Quick Access Toolbar
adalah bagian paling atas sebelah kiri dari tampilan program Microsoft Excel. Bagian ini bisa
digunakan untuk menambahkan beragam fitur dari Microsoft Excel agar bisa
mengaksesnya dengan cepat. Contohnya, kamu bisa
menambahkan menu save, print, undo, redo, print preview dan lain-lain. Cara menambahkan menu
baru ke bagian Quick Access Toolbar cukup klik menu segitiga di samping kanan
Quick Access Toolbar > Pilih menu yang akan ditambahkan > Selesai. |
2 |
Title Bar (Nama Dokumen)
|
Title bar adalah
bagian yang memberikan informasi nama dokumen Microsoft Excel yang sedang
kita buka. Jika kamu belum
menyimpan dokumen nya, maka nama default title bar ini adalah “buku 1-Excel”. |
3 |
Ribbon (Menu)
|
Ribbon adalah bagian
Microsoft Excel yang berisi kumpulan menu dan icon perintah yang bisa
digunakan untuk mengolah data. Ribbon menu ini
terdiri dari 3 bagian penting, yaitu:
|
4 |
Account (Akun)
|
Account atau akun
adalah akun dari pengguna program Microsoft Excel. Akun inilah yang akan
menjadi orang yang membuat dokumen Excel tersebut. Akun ini bisa kamu
buat dengan cara daftar ke situs Microsoft Office. Kemudian kamu bisa login
ke Microsoft Excel seperti di atas contohnya ada nama saya. Akun ini juga bisa
digunakan sebagai tempat menyimpan dokumen yang sudah dibuat. |
5 |
Window Options
|
Window Option berisi 3
pilihan perintah yang bisa digunakan untuk mengatur jendela Microsoft Excel. 3 menu tersebut
adalah:
|
6 |
Display Ribbon Option (Pengaturan tampilan Ribbon)
|
Pada program Microsoft
Excel 2019, terdapat menu display ribbon option. Menu ini terdiri dari 3
pilihan menu lainnya, yaitu:
|
7 |
Share
|
Bagian lain dari
microsoft excel adalah menu share. Menu share ini dapat digunakan untuk
membagikan file dokumen yang sudah selesai dibuat. File ini bisa
dibagikan secara online dengan menggunakan email atau akun Microsoft Excel. Kamu tinggal klik menu
share ini, kemudian pilih versi dokumen (Excel/PDF) yang akan kamu kirimkan.
Masukkan alamat email dan klik kirim. |
8 |
Name Box (Kotak Nama)
|
Name Box berisi
informasi nama cell atau rank yang aktif digunakan. Misalnya cell yang aktif
adalah A11 (kolom A, baris ke 11). Name box ini akan
berubah-ubah sesuai dengan posisi pointer kamu klik. |
9 |
Formula Bar
|
Dari namanya saja kamu
pasti kamu sudah tahu apa ini. Formula bar adalah menu yang menginformasikan
rumus yang sedang atau sudah kamu tulis. Ketika kamu ketikan
rumus Excel maka informasi formula atau rumus tersebut akan tampil di sini. |
10 |
Heading (Kepala Workbook)
|
Heading adalah bagian
yang memberikan informasi mengenai kolom dan baris pada program Microsoft
Excel. Kolom adalah yang
berisi huruf alfabet (A, B, C, D dan seterusnya) seperti di gambar saya beri
tanda nomor 2. Baris adalah bagian
yang berisi angka tersusun ke bagian bawah. Seperti pada gambar di atas saya
beri tanda nomor 1. |
11 |
Workbook (Lembar Kerja)
|
Workbook adalah tempat
kerja di mana kamu bisa menulis kalimat ataupun memasukkan rumus untuk
menghitung data yang akan kamu kerjakan. Intinya, bagian
workbook itu tempat di mana kamu bisa menuangkan semua data yang akan kamu
proses. Pada bagian workbook ini terdapat beberapa bagian, yaitu:
|
12 |
Sheets Tab (Tab Sheet)
|
Sheet adalah bagian lembar
kerja yang bisa ditambah ataupun dihapus sesuai dengan keinginan. Untuk menambahkan
lembar kerja atau sheet, kamu tinggal klik menu plus (+). |
13 |
Scroll Bar
|
Scrool bar adalah
bagian pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk menggeser tampilan
lembar kerja Microsoft Excel ke kiri dan ke kanan dan atas ke bawah.
|
14 |
View Mode (Worksheet)
|
Bagian Microsoft Excel
view mode ini dapat digunakan untuk melihat lembar kerja dalam 3 versi,
yaitu:
|
15 |
Zoom (Tampilan)
|
Zoom adalah bagian Microsoft Excel yang bisa digunakan
untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Excel. |
No comments:
Post a Comment