Sunday, January 15, 2023

Gambar Tampilan Layout Ms. Exel Razan M Ihsan







GAMBAR EXEL

NO

NAMA

KETERANGAN

1

Quick Access Toolbar

 

Quick Access Toolbar adalah bagian paling atas sebelah kiri dari tampilan program Microsoft Excel.

Bagian ini bisa digunakan untuk menambahkan beragam fitur dari Microsoft Excel agar bisa mengaksesnya dengan cepat.

Contohnya, kamu bisa menambahkan menu save, print, undo, redo, print preview dan lain-lain.

Cara menambahkan menu baru ke bagian Quick Access Toolbar cukup klik menu segitiga di samping kanan Quick Access Toolbar > Pilih menu yang akan ditambahkan > Selesai.

 

2

Title Bar (Nama Dokumen)

 

Title bar adalah bagian yang memberikan informasi nama dokumen Microsoft Excel yang sedang kita buka.

Jika kamu belum menyimpan dokumen nya, maka nama default title bar ini adalah “buku 1-Excel”.

 

3

Ribbon (Menu)

 

Ribbon adalah bagian Microsoft Excel yang berisi kumpulan menu dan icon perintah yang bisa digunakan untuk mengolah data.

Ribbon menu ini terdiri dari 3 bagian penting, yaitu:

  • Menu Bar terdiri dari menu: Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, review, View dan Help
  • Grup: Adalah kumpulan dari icon atau menu yang berisi perintah tertentu, misalnya di menu home itu ada meu font, tools, number dan lain-lain
  • Command: Berisi kumpulan icon yang berisi perintah yang lebih spesifik, misalnya seperti copy paste, bold, italic, underline, border dan lain-lain

 

4

Account (Akun)

 

Account atau akun adalah akun dari pengguna program Microsoft Excel. Akun inilah yang akan menjadi orang yang membuat dokumen Excel tersebut.

Akun ini bisa kamu buat dengan cara daftar ke situs Microsoft Office. Kemudian kamu bisa login ke Microsoft Excel seperti di atas contohnya ada nama saya.

Akun ini juga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan dokumen yang sudah dibuat.

 

5

Window Options

 

Window Option berisi 3 pilihan perintah yang bisa digunakan untuk mengatur jendela Microsoft Excel.

3 menu tersebut adalah:

  • Minimize: Digunakan untuk mengecilkan tampilan dokumen Microsoft Excel yang sedang digunakan
  • Maximize: Digunakan untuk memaksimalkan tampilan dokumen Microsoft Excel yang sedang digunakan
  • Close: Digunakan untuk menutup program kerja Microsoft Excel yang sedang digunakan

 

6

 Display Ribbon Option (Pengaturan tampilan Ribbon)

 

Pada program Microsoft Excel 2019, terdapat menu display ribbon option. Menu ini terdiri dari 3 pilihan menu lainnya, yaitu:

  • Auto-Hide Ribbon: Dapat digunakan untuk menyembunyikan tab ribbon
  • Show Ribbon: Dapat digunakan untuk menampilkan menu
  • Show tabs and Command: Digunakan untuk megngatur default menu yang sering kita lihat disesuaikan dengan keinginan

 

7

Share

 

Bagian lain dari microsoft excel adalah menu share. Menu share ini dapat digunakan untuk membagikan file dokumen yang sudah selesai dibuat.

File ini bisa dibagikan secara online dengan menggunakan email atau akun Microsoft Excel.

Kamu tinggal klik menu share ini, kemudian pilih versi dokumen (Excel/PDF) yang akan kamu kirimkan. Masukkan alamat email dan klik kirim.

 

8

Name Box (Kotak Nama)

 

Name Box berisi informasi nama cell atau rank yang aktif digunakan. Misalnya cell yang aktif adalah A11 (kolom A, baris ke 11).

Name box ini akan berubah-ubah sesuai dengan posisi pointer kamu klik.

 

9

Formula Bar

 

Dari namanya saja kamu pasti kamu sudah tahu apa ini. Formula bar adalah menu yang menginformasikan rumus yang sedang atau sudah kamu tulis.

Ketika kamu ketikan rumus Excel maka informasi formula atau rumus tersebut akan tampil di sini.

 

10

Heading (Kepala Workbook)

 

Heading adalah bagian yang memberikan informasi mengenai kolom dan baris pada program Microsoft Excel.

Kolom adalah yang berisi huruf alfabet (A, B, C, D dan seterusnya) seperti di gambar saya beri tanda nomor 2.

Baris adalah bagian yang berisi angka tersusun ke bagian bawah. Seperti pada gambar di atas saya beri tanda nomor 1.

 

11

Workbook (Lembar Kerja)

 

Workbook adalah tempat kerja di mana kamu bisa menulis kalimat ataupun memasukkan rumus untuk menghitung data yang akan kamu kerjakan.

Intinya, bagian workbook itu tempat di mana kamu bisa menuangkan semua data yang akan kamu proses. Pada bagian workbook ini terdapat beberapa bagian, yaitu:

  • Gridlines: Garis-garis bantu yang ada dalam lembar kerja Microsoft Excel
  • Column: Baris vertikal (atas dan bawah) dalam lembar kerja Microsoft Excel
  • Row: Adalah baris berupa deretan cell horizontal dari kanan ke kiri
  • Cell: Kotak kecil yang memiliki nama
  • Range: Kumpulan cell yang terdiri dari kolom maupun baris di Microsoft Excel

 

12

 Sheets Tab (Tab Sheet)

 

Sheet adalah bagian lembar kerja yang bisa ditambah ataupun dihapus sesuai dengan keinginan.

Untuk menambahkan lembar kerja atau sheet, kamu tinggal klik menu plus (+).

 

13

Scroll Bar

 

Scrool bar adalah bagian pada Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk menggeser tampilan lembar kerja Microsoft Excel ke kiri dan ke kanan dan atas ke bawah.

  • Vertical Scroll Bar: Digunakan untuk menggeser lembar kerja ke atas dan ke bawah
  • Horizontal Scroll bar: Digunakan untuk menggeser lembar kerja ke kiri dan ke kanan

 

14

View Mode (Worksheet)

 

Bagian Microsoft Excel view mode ini dapat digunakan untuk melihat lembar kerja dalam 3 versi, yaitu:

  • Normal: Digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja dalam versi normal
  • Page Layout: Digunakan untuk melihat lembar kerja Microsoft Excel per halaman
  • Page Break View: Digunakan untuk memfokuskan tampilan lembar kerja pada halaman tertentu yang diinginkan

 

15

Zoom (Tampilan)

 

Zoom adalah bagian Microsoft Excel yang bisa digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Excel.

 

 


No comments:

Post a Comment